Rabu, 08 Juni 2011

a. Telegraf (Samuel Morse transmits the first telegraph message in 1844 A.D.)


 
Telegraf adalah alat untuk telegrafi. Telegraf ditemukan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F.B Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain. Telegraf merupakan proses penyampaian berita/ informasi berupa gambar, atau grafik, tanda, isyarat dalam jarak jauh melalui perangkat telegraf yaitu kode morse. Dengan menggunakan pesawat morse, informasi dikirimkan dengan ketokan terhadap tanda-tanda melalui kunci ketok morse.
Morse merupakan seorang seniman profesional yang memiliki ketertarikan terhadap simbol-simbol. Suatu hari, Morse berdiskusi mengenai elektromagnet, inilah awal muncul dan berkembangnya telegrap. Pesan pertama yang dikirimkan dengan menggunakan telegrap elektronik adalah "What hath God wrought" yang berarti "Apakah Tuhan telah menulis?".
Kode Morse adalah metode dalam pengiriman informasi, dengan menggunakan standard data pengiriman nada atau suara,cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari pesan kalimat, kata,huruf, angka dan tanda baca. Kode morse dapat dikirimkan melalui peluit,bendera, cahaya, dan ketukan morse.
Pada Awal tahun 1830, telegraf elektrik berkembang dengan digunakannya tegangan listrik untuk mengontrol elektromagnet yang didengarkan pada ujung-ujung transmisi. Keterbatasan teknologi saat itu adalah hasil pengiriman kode melalui kabel tidak dapat di print. Kemudian, telegraf elektrik dikembangkan dengan menggunakan elektromagnet receiver. Dengan elektromagnet receiver, kode morse dapat ditranslate dari pendengarnya dalam bentuk tulisan.

2 komentar:

Mas Hery mengatakan...

teh, suka bisnis online ya?
aku ada info, minggu nanti tgl 19 juni ada bloglicious di S28 Bandung.
Disitu ada tips blogging,blogging entrepreneur juga tips dpt duit dr blog.
ikut ya!
daftar ke :
http://eevent.com/edittag/bloglicious-bandung/
ditunggu ya teh!

Istana Coklat Bandung mengatakan...

makasih atas infonya,,,

Posting Komentar